Selama lebih dari 10 tahun saya menderita GERD dan sempat sembuh setelah berobat ke banyak dokter. Namun, sekitar 3 tahun lalu kepergian mendiang suami menyebabkan saya depresi. Obat antidepresan yang saya konsumsi hanya bertahan sekitar 3 jam, setelahnya saya kembali merasa cemas dan gelisah, bahkan mengalami serangan panic (panic attack). Di saat serangan panik melanda, saya sering merasa seperti ingin mati saja, ingin bunuh diri.

Depresi yang saya derita juga menyebabkan GERD saya kembali kambuh. Banyak sekali makanan yang harus saya hindari, seperti: roti, kue, bubur, makanan yang mengandung cabai atau merica, dan banyak lagi. Dokter menyarankan agar saya menjalani diet yang diatur oleh ahli gizi. Saya harus membatasi asupan protein hewani yang berarti setiap daging dan ikan yang saya konsumsi harus saya timbang terlebih dahulu. Seluruh kondisi ini menyebabkan berat badan saya terus turun walaupun saya makan secara teratur.

Bulan November 2022, atas anjuran seorang teman saya mengikuti Kelas 8.5 Hari Retret Sehat & Bahagia di Jakarta Bodhi Meditation Center. Di retret ini, kecemasan dan kegelisahan yang saya rasakan mulai mereda bagaikan air yang perlahan-lahan surut, saya merasakan ketenangan.

Perubahan lain yang saya alami adalah kebiasaan makan. Biasanya saya sangat menjaga makan. Jika harus makan di luar, saya selalu membawa bekal sendiri. Selama retret ini saya tidak membawa bekal, melainkan mengonsumsi makan siang vegetarian yang disediakan oleh Jakarta Bodhi Meditation Center, makanan kecil yang disediakan pun saya konsumsi tanpa khawatir, termasuk roti, yang sudah menjadi pantangan saya selama 2 – 3 tahun! Ternyata lambung saya dapat mencerna semua hidangan tanpa masalah.
Saya juga memohon kepada ShiFu agar membantu saya menaikkan berat badan, dan benar saja, di hari pertama retret, berat badan saya 45 kg dan di hari terakhir berat badan saya naik menjadi 47,5 kg! Setelah mengikuti retret, walaupun masih mengkonsumsi obat antidepresan, kecemasan dan kegelisahan saya lebih jarang muncul dibandingkan sebelum mengikuti retret. Saya sangat bersyukur memperoleh berkah Grandmaster JinBodhi. Terima kasih Grandmaster.