Tahun ini, adalah tahun yang tidak nyaman bagi semua orang untuk bepergian jauh, dengan berkurang nya perjalanan, kelelahan pun juga menjadi berkurang. Setiap hari saya merasa lebih berenergi dan dapat berkonsentrasi pada pelajaran yang diberikan oleh Grandmaster melalui internet, di rumah belajar dan melantunkan doa.

Pada akhir tahun 2013, saya belajar di Bodhi Meditation, melantunkan nama suci Buddha telah membantu saya menyelesaikan kebencian terhadap ayah saya, dan penyakit fisik yang serius pun lenyap. Saya mengira diri sendiri di kehidupan sehari-hari sudah mengerti bagaimana merefleksikan dan introspeksi serta memahami kausalitas.

Di kelas ini, dari perspektif hubungan antarpribadi, Grandmaster JinBodhi mengajak kita mengamati apakah kita selalu merasa benar saat berhadapan dengan orang lain, tidak mempertimbangkan perasaan satu sama lain, dan tidak tahu bahwa kita telah menyakiti yang lain. Ajaran Grandmaster membangunkan saya bahwa dalam hidup masih ada orang lain yang mungkin telah saya sakiti tanpa saya ketahui.

Saya segera mengakui kesalahan saya dengan melantunkan nama suci Buddha. Tidak peduli di mana orang itu berada, saya dengan tulus melantunkan nama suci Buddha. Di hadapan Buddha saya memohon kepada orang yang saya sakiti untuk memaafkan saya.

Kemudian keadaan pikiran saya segera menjadi tenang, dan saya menjadi fokus. Dulu, ketika saya melantunkan doa selama satu jam, kaki saya selalu sakit dan saya sering meng ubah postur. Sekarang saya melantunkan nama suci Buddha selama satu jam setiap hari, dalam satu posisi tanpa rasa sakit di kaki saya.

Sebelumnya, saya tidak bisa tidur ke posisi kanan karena hidung bisa menjadi tersumbat. Di Kelas Chanting, hidung saya terus mengeluarkan cairan. Suatu hari, sesuatu berbentuk kental dan keras keluar dari hidung, dan setelah itu saya sudah bisa tidur ke sisi kanan. Saya berterima kasih kepada Grandmaster atas ajaran kausalisme sebab akibat dan melantunkan doa dengan tulus hati.

Pada hari kedua setelah selesai Kelas Chanting, ketika saya mandi dan bercermin, saya menemukan dua bintik merah (GongDeZhuSha) di dada saya. Sungguh luar biasa! Terima kasih Grandmaster, Saya telah menerima semua energi bahagia tahun 2021!